June 21, 2013

Fajr


"Ya Allah, tambahkan lah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya diantara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan."

Demikianlah sepenggal do'a yang selalu dipanjatkan para jamaah haji dan umroh ketika pertama kali melihat Ka'bah.

Setelah melakukan ibadah di Madinah perjalanan saya berlanjut ke kota Makkah untuk melaksanakan ibadah umroh. Disini saya tidak ingin bercerita tentang pengalaman saya dalam beribadah, tetapi lebih kepada keadaan yang saya alami dalam beberapa hari merasakan nikmatnya menjadi tamu Allah.

Akhir bulan Mei adalah saat dimana kawasan Timur Tengah memasuki musim panas. Suhu udara mulai menghangat, pukul lima pagi suhu udara bisa mencapai 33 derajat celcius. Puncak musim panas biasanya jatuh di bulan Juni - Agustus dimana suhu udara bisa mencapai 50an derajat, itu sama dengan masak air setengah mateng... demikian laporan cuaca dari zazirah arab.

Wokeh back to business... setelah selesai shalat subuh yang adzannya lebih kurang pukul 04.08 pagi sayapun keluar dari Masjidil Haram. Untuk keluar dari mesjid kita harus antri karena jamaah cukup padat, jadi disarankan untuk tidak langsung keluar mesjid setelah selesai melaksanakan shalat subuh. 

Jamaah umroh tahun ini terlihat cukup ramai.. ini mungkin akibat dari terbatasnya kuota haji Indonesia yang mengharuskan seseorang untuk menunggu selama lebih kurang sepuluh tahun untuk dapat berhaji. Jamaah dari Indonesia terlihat cukup ramai disini... tua, muda, lelaki, wanita, bahkan anak - anak dapat kita jumpai meskipun waktu menunjukkan pukul 3 atau 4 pagi. Subhanallah memang begitu agung rumah Allah yang satu ini.

Pembangunan pelebaran di Masjidil Haram terlihat disekeliling mesjid, para pekerja bisa dilihat selama 24 jam apalagi waktu ibadah haji hanya sekitar 3 bulan lagi. Para pekerja pembangunan, petugas kebersihan, petugas keamanan, jamaah umroh dari berbagai negara dapat ditemui dengan aktivitasnya masing - masing.

Foto - foto berikut saya ambil selesai shalat subuh sekitar pukul 5 pagi, sambil berjalan dengan cara yang sama saat saya memotret di Madinah. Salah satu momen yang saya sukai adalah ketika melihat satu keluarga dengan dua orang anaknya yang masih kecil berjalan di halaman masjid, bahkan ada anak kecil dengan kain ihram menutupi badannya... begitu indahnya! semoga suatu saat nanti saya dapat melakukan hal yang sama bersama keluarga saya melaksanakan ibadah di tanah suci... Amin Ya Rabb!

Perjalanan di Makkah masih akan saya sambung dengan tulisan dan foto - foto lainnya, semoga bisa menjadi gambaran bagi penikmat blog ini... 

Stay tune... Wassalam :)










































No comments:

Post a Comment