February 26, 2013

Tutorial Menyelamatkan File Memory Card "The disk in drive is not formatted"


Memory card yang tidak terbaca di komputer dan kamera memang bisa bikin pusing, apalagi jika isinya adalah foto-foto pekerjaan kita yang belum sempat di copy ke komputer. Kejadian tersebut saya alami minggu kemarin.


Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya antara lain scan dengan anti virus, photo recovery dengan program yang bisa didapatkan di internet, mencoba mengganti card reader anda dengan yang lain, copy file melalui kamera yang dihubungkan ke komputer dan beberapa cara lainnya.

Namun apabila cara-cara tadi tidak berjalan sesuai harapan maka bisa dicoba cara berikut ini.

Download program yang bisa diperoleh secara gratis di www.findandmount.com, klik bagian Download Find & Mount pada website tersebut


Klik Download Partition Find and Mount v.2.31 for Windows, versi tersebut kemungkinan berbeda dengan yang anda lihat saat ini sesuai perkembangan program tersebut namun pastinya fungsinya sama dengan versi sebelumnya.

Langkah berikutnya adalah anda harus menginstall program yang telah didownload ke dalam komputer anda dan kemudian menjalankannya.

Berikutnya anda bisa lihat di foto bawah, dua hard disk saya pada bagian atas dan cf card 16 GB saya dibagian bawah. Klik kanan cf/sd card anda lalu klik Scan.


Klik bagian Thoruogh Scan lalu klik Scan


Anda bisa lihat bagian partisi yang Not mounted, klik kanan bagian tersebut lalu klik Mount As...


Pilih drive mana saja sebagai tujuan baru lalu klik OK


Apabila tidak ada masalah berikutnya anda akan melihat isi cf/sd card anda dan silahkan tersenyum :)




Berikut anda tinggal membuka seluruh file yang ada dan klik Ctrl+A untuk memilih seluruh file lalu Copy (Ctrl+C) & Paste (Ctrl+V) di drive komputer anda, proses copy file memang lebih lama dari biasanya, anda bisa browsing atau nonton Youtube sambil menunggu :D

Apabila cara tadi tidak dapat menolong anda maka bisa dicoba dengan cara format cf/sd card anda lalu jalankan program photo recovery, cara format+recovery saya anjurkan untuk dijadikan opsi terakhir karena kemungkinan foto yang didapatkan kembali tidak bisa 100%.

Demikian tutorial yang bisa saya berikan semoga bermanfaat bagi rekan fotografer atau siapapun yang membaca blog ini...

PS : cara ini juga berlaku bagi hard disk anda yang bermasalah

2 comments:

  1. inilah mamfaatnya ber-facebook-an tq tutorialnya mas,....sangat bermanfaat

    ReplyDelete