March 02, 2012

CHEEEEZE

Mari kita isi jum'at sore ini dengan sedikit bahasan ngalor ngidul
Sebenarnya membuat tulisan bagi saya itu lebih sulit daripada... ummm... daripada tidak membuat tulisan
You see! bahkan membuat perbandingan saja saya kepayahan, tapi hari saya akan mencoba menyiksa anda dengan tulisan saya MUAHAHAHA...


CHEEESE... kata ini sering didendangkan oleh fotografer atau siapa saja yg sedang memotret seseorang atau sekelompok orang
Kenapa cheese yang artinya keju? kenapa gak serikaya atau mentega? 
entahlah bukan kapasitas saya sebagai orang ganteng untuk menilainya


Sebenarnya yang ingin saya bahas disini adalah "bagaimana menghadapi orang dari balik kamera"... Kata cheese atau smile atau apapun itu biasa digunakan untuk memancing ekspresi ceria dari orang yg ingin difoto


Babeh  Darwis (begitu biasa muridnya memanggilnya) adalah orang pertama yang mengajarkan saya bagaimana menghadapi model. Ketika beliau (jiaaahh bahasanya) mengajarkan teori2 fotografi, yang bisa ditangkap adalah beliau orang yg kalem... jarang terlihat emosinya 
Tapi ketika pertama kali dia mengajarkan praktek foto model...
Babeh Darwis adalah orang yang sangat 'garang' didepan modelnya :D
Dia pintar sekali mengarahkan dengan kata2 pujian, arahan, candaan sampai menirukan pose yg harus dilakukan, dan dia tidak berhenti sampai akhir sesi. Saat itu yang terasa hampir seperti kesurupan #true


Diakhir sesi foto itu yg saya & beberapa teman sekelas lakukan hanya bengong #pandang2an #tertunduk


Yang ada difikiran saya waktu itu adalah 


what was happened?
saya ada dimana?
om siapa? *tarik selimut putih* #nglindur
THAT WAS TOTALLY BRUTAL LADIES & GENTLEMEN!


Pelajaran yang bisa diambil adalah didepan model (kata model ditujukan buat seseorang didepan kamera) anda adalah sutradara, pengatur gaya, penghibur, bahkan raja yang bisa mengatur siapa saja dengana tujuan menghasilkan foto dengan pose/gaya terbaik


Sedikit pengalaman pribadi..
Kata2 yang sering saya gunakan ketika mangarahkan pasangan dalam sesi foto pre wedding adalah


SANTAI AJA, KAYAK MALAM MINGGU KEMAREN..!


dan biasanya suasana sedikit mencair setelah itu ^^


OK guys that's about it!
Kalo kalian punya tips,trik atau kata2 sakti lainnya bisa di share di comment yah


I'm outta here... *dua jari di udara*


PS: tulisan jelek jangan dicaci :)

No comments:

Post a Comment